News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

(Opini) Kontribusi Besar Gen Z dalam Mengawal Pilkada 2024 Yang Demokratis

(Opini) Kontribusi Besar Gen Z dalam Mengawal Pilkada 2024 Yang Demokratis

dokumentasi : Sindonews.com

(Opini) Kontribusi Besar Gen Z dalam Mengawal Pilkada 2024 Yang Demokratis 

Opini_Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Merupakan momentum yang sangat penting yang dilaksanakan pada tingkat kabupaten seluruh Indonesia yang akan mewujudkan sistem demokrasi di negara Indonesia.

Gen Z merupakan pemuda yang telah berumur 17 sampai 27 Tahun memiliki peranan penting sebagai agen perubahan dalam kehidupan masyarakat.

Peran mereka dalam momen pilkada memiliki peran yang sangat penting untuk terus mengawal dan mengawasi agar proses terselenggaranya pilkada berjalan dengan baik dan demokratis.

Berdasarkan data analisis tempo.com data tersebut menunjukkan bahwa pemuda sangat berkontribusi besar dalam proses berjalannya kegiatan pemilu hal tersebut dibuktikan dengan data berikut ini :


Dari analisa tersebut kita dapat mengetahui bagaimana besarnya kontribusi seorang pemuda yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan pilkada di masa yang akan datang.

Gen Z memiliki tanggung jawab untuk mengawal proses terselenggaranya pilkada dari awal percalonan, pelaksanaan kampanye, sampai kegiatan pengumutan suara.

Mereka juga dapat membantu meningkatkan partisipasi publik, terutama bagi masyarakat yang kehilangan hak pilihnya.

Selain hal tersebut, mereka dapat menjadi seorang pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya konflik yang timbul disebabkan oleh berbagai fenomena politik dan kecurangan yang akan terjadi.

Gen Z juga dapat menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai elemen seperti KPU, BANWASLU, LSM yang perduli terhadap terlaksananya PILKADA yang demokratis.

Dengan demikian, kontribusi besar Gen Z sebagai seorang pemuda sangat dapat dipertanggungjawabkan terutama menjamin terselenggaranya pilkada yang demokratis dan berintegritas sehingga pada akhirnya akan melahirkan para pemimpin - pemimpin yang memiliki komitmen untuk memajukan kesejahteraan masyarakat berdasarkan sebuah keadilan.




Referensi:

1. Asosiasi Pemuda Indonesia. (2021). Peran Pemuda dalam Mengawal Pilkada. Diakses dari https://asosiasipemudaindonesia.or.id/peran-pemuda-dalam-mengawal-pilkada/

2. Komisi Pemilihan Umum. (2021). Pedoman Pengawasan Pemilu dan Pilkada. Diakses dari https://www.kpu.go.id/website/images/files/pemilu/2021/pedomanpengawasan.pdf



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.