News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Guru Perlu Memberikan Ruang Untuk Memfasilitasi Pelajar Dalam Dunia Politik

Guru Perlu Memberikan Ruang Untuk Memfasilitasi Pelajar Dalam Dunia Politik


[OPINI] Guru Perlu Memberikan Ruang Untuk Memfasilitasi Pelajar Dalam Dunia Politik 

Tidak ada yang salah apabila jika para pelajar masuk dalam dunia politik karena mereka akan dapat memperluas wawasan dalam dunia politik.

Salah satunya, mereka akan mampu menganalisa bagaimana suluk beluk pemerintahan yang perlu mereka dalami.

Maka dengan hal tersebut, para pendidik tentunya perlu memberikan sebuah ruang untuk memberikan fasilitas yang lengkap dalam membekali mereka mengenai ilmu - ilmu dasar politik.

Untuk masuk dalam dunia politik memanglah butuh jangka waktu yang sangat panjang dan butuh kerja keras yang sangat ekstra serta keberanian dalam menghadapi sebuah tantangan dengan rintangannya.

Peranan siswa dalam dunia politik sangatlah penting karena mereka akan menjadi generasi penerus bangsa yang nantinya akan mampu membawakan sebuah perubahan. 

Menurut kajian di sebuah Jurnal Ilmu Pemerintahan membahas bahwa meskipun para pelajar memiliki sikap yang labil dan membuat mereka mendapatkan informasi yang kurang akurat. Namun, tingginya kemauan mereka dalam menentukan pilihanannya patut di apresiasi. Dan yang perlu kita ketahui bahwa dalam mengakses dinamika politik mereka tidak hanya menggali sumber informasi dari guru, teman, masyarakat maupun dari orang tua. Akan tetapi, mereka sudah mulai mudah mendapatkan informasi tersebut melalui media sosial.

Pelajar memiliki potensi besar dalam menyadarkan masyarakat dalam berpartisipasi dalam memberikan pengaruh terhadap kebijakan publik.

Lagi pula, mereka juga sama - sama memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara lainnya untuk sama - sama terlibat dalam semua kegiatan politik yang konstruktif. Mereka juga dapat memberikan pendapat mengenai isu - isu penting yang terjadi saat ini menurut pendekatan keilmuan yang telah mereka kuasai.

Mereka juga memiliki hak dalam memilih pemimpin yang telah mewakili apa yang menjadi minat dan bakat sesuai dengan kepentingan mereka masing - masing.

Dengan keterlibatan mereka dalam dunia politik, mereka dapat lebih memahami tentang mengenai sebuah keterampilan berjiwa kepemimpinan, pengetahuan negosiasi, dan bagaimana mereka dapat menjalin hubungan kerjasama. Selain itu, mereka akan dapat lebih mudah dalam menerapkan nilai-nilai yang positif dalam kehidupan sehari-hari yaitu nilai toleransi, gotong - royong dan nilai - nilai demokrasi.

Dalam konteks pendidikan, sekolah juga memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam menyediakan ruang untuk melibatkan mereka dalam berorganisasi serta menyediakan ruang agar mereka dapat selalu berdiskusi.

Dengan hal tersebut, sekolah dan para pendidik dapat membantu para pelajar untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik lagi mengenai sistem politik yang lebih baik dan juga dapat mendorong mereka untuk berperan aktif dalam kehidupan politik.

Pelajar memiliki tanggung jawab sebagai agen perubahan sosial yang memiliki potensi yang sangat besar dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan bagi bangsa dan negaranya.

Selain itu, mereka dapat membangun kehidupan masyarakat yang sejahtera, demokratis dan berkelanjutan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.