News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lantas buat apa kita Sekolah kalau tidak sekolahpun kita bisa kerja ?

Lantas buat apa kita Sekolah kalau tidak sekolahpun kita bisa kerja ?


Realitas sosial masyarakat di pulau Giligenting mengalami keprihatinan yang sangat mendalam karena pertumbuhan ekonomi dan sumber daya alam yang tersedia tidak seimbang dengan tingginya kualitas sumber daya manusia.

Pendapatan yang sangat fantastis yang dihasilkan dari tempat rantauan memberikan sumbangsi yang sangat padat tinggi kepada masyarakat di kecamatan Giligenting.

Namun, hal tersebut memberikan dampak yang negatif kepada kehidupan kalangan pemuda, pasalnya karena mereka lebih mudah dalam menghasilkan pekerjaan di kota rantauan sehingga mereka memiliki pandangan seakan mengkerdilkan pentingnya menjalankan proses pendidikan.

Peristiwa ini, dapat kita lihat dari beberapa tahun terakhir ini yang mana banyak pemuda banyak yang putus sekolah disebabkan mereka ingin jaga warung di Jakarta.

Bahkan yang lebih memprihatinkan ada diantara mereka berani menanyakan untuk apa sekolah? Kalau tidak sekolahpun sudah bisa kerja dan dapat mengumpulkan uang sebanyak - banyaknya!

Hal inilah menjadi sebuah sumber dimana kemerosotan moral yang terjadi dikalangan pemuda saat ini. Tanpa menjalankan proses pendidikan seorang pemuda tidak akan perna mengenal bagaimana pentingnya mereka menjaga moralitas seperti toleransi
Kepada sesama, menjalankan tanggung jawab sosial yang seharusnya mereka jalankan.

Kekayaan yang telah berhasil mereka dapatkan tidak dapat dijadikan manfaat untuk ikut serta dalam mewujudkan kesejahteraan sosial.

Tanpa adanya pendidikan mereka akan lemah dalam aspek spiritual, intelektual dan emosional.

Tanpa mengikuti jalannya proses pendidikan Pemuda akan mudah terhanyut dalam dampak negatif dari pesatnya perkembangan globalisasi seperti maraknya pergaulan bebas, sex bebas, minuman beralkohol, narkoba 

Hal ini sungguh merupakan suatu ancaman sosial yang perlu kita cegah dan antisipasi gerakannya.

Permasalahan ini tentu perlu adanya kerjasama antara orang tua, guru bahkan pemerintah untuk meningkatkan pemahaman para pemuda akan pentingnya pendidikan sebagai upaya melahirkan generasi yang cerdas, terampil dan berakhlak mulia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.