News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kontribusi bank daerah dalam membangun perekonomian masyarakat desa

Kontribusi bank daerah dalam membangun perekonomian masyarakat desa

 


kontribusi bank daerah dalam membangun perekonomian masyarakat desa

Oleh : Riski Ermanda, S. Pd

Ditengah terjadinya gejolak perekonomian global yang paling terkena dampaknya yaitu masyarakat yang berada di wilayah perdesaan dimana sebagian mereka harus rela meninggalkan pekerjaannya yang diakibatkan oleh banyaknya perusahaan yang di PHK.

Hal tersebut tentunya, akan menjadi sebuah sumber gejala permasalahan sosial yang tentunya akan berimbas pada terancamnya kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Banyaknya pengangguran di kalangan masyarakat desa bukan hanya diakibatkan oleh rendahnya produktivitas yang mereka miliki namun juga disebabkan oleh kurangnya sumber dana yang dijadikan sebagai pembangunan usaha yang akan mereka jalankan.

Maka dari itu, dibutuhkan peran serta baik dari pihak swasta maupun pihak pemerintah untuk dapat berkerjasama dalam mengatasi tingginya kemiskinan dan pengangguran dengan cara menyediakan dana melalui pembangunan anak cabang Bank Daerah untuk dapat menyalurkan bantuan dana bagi masyarakat.

Penyaluran dana tentunya akan sedikit membantu dalam meringankan beban masyarakat di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini.

Bank Daerah tersebut berupa Bank Pendanaan Rakyat Syariah yang telah menjadi jalan alternatif dalam penyediaan keuangan hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan perputaran roda perekonomian masyarakat desa khususnya daerah kepulauan di kabupaten Sumenep.

Sistem pembiayaannya dapat berdampak langsung di sektor riil dengan kerjasama bagi hasil.

Selain itu, bunga yang di tetapkan di dalam sistem kredit relatif lebih rendah hal ini dapat membantu masyarakat untuk mudah dalam mengakses dana yang di perlukan untuk membangun usaha mereka.

Dari hal tersebut, kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa kontribusi bank syariah untuk membangun kesejahteraan masyarakat desa sangatlah berdampak positif terutama pada sektor riil.

Dengan adanya perbankan daerah tersebut diharapkan akan mampu mengentas tingkat kemiskinan dan pengangguran di daerah perdesaan.

Sehingga demikian akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mampu mengwujudkan pendidikan dan kehidupan masyarakat yang berkualitas.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.