News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL DUNIA PENDIDIKAN DAERAH KEPULAUAN

PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL DUNIA PENDIDIKAN DAERAH KEPULAUAN

 PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL DUNIA PENDIDIKAN DAERAH KEPULAUAN 

Literasi digital merupakan hal yang sangat memungkinkan terhadap kemajuan pendidikan dan mempermudah dalam beradaptasi dengan perubahan sosial sehingga akan lebih tanggap dalam memecahkan persoalan yang berkembang di tengah kehidupan masyarakat sehingga pada akhirnya akan mampu mewujudkan sebuah keadilan sosial dan kesejahteraan yang di rindukan masyarakat khusunya bagi mereka yang berada dilingkungan kepulauan.


Pengembangan Literasi Digital Dunia Pendidikan Daerah kepulauan 

Di era trasformasi digital telah banyak menuntut kita untuk mengetahui berbagai ilmu pengetahuan terutama dibidang teknologi informasi. Teknologi banyak melahirkan dampak di lingkungan sosial terutama terjadinya pertukaran informasi yang menandai perubahan sosial yang mengharuskan kita dapat menguasai berbagai wawasan terutama tata cara kita beradabtasi dengan baik.

Trasformasi digital berhasil melahirkan berbagai dampak baik positif maupun negatif. Dampak positif di era trasformasi digital kita dapat dengan mudah menemukan suatu informasi yang sangat bermanfaat baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain.

Informasi tersebut sangatlah bermanfaat bagaimana kita dapat mengembangkan keahlian yang berawal dari segalah sesuatu kebiasaan-kebiasaan yang kita senangi  dan kita tekuni seiring berjalannya waktu hal tersebut akan menjadi nilai tambah kita untuk pengembangan bakat di masa yang akan datang.

keberadaan teknologi berhasil menyediakan berbagai elemen penting untuk pengembangan diri terutama dalam pengembangan critikal thingking. Critikal Thingking yang dimaksud tersebut merupakan sebuah konsep untuk menumbuh kembangkan pemikiran kritis yang artinya teknologi bermanfaat bagi kita dalam menjelahi berbagai wawasan dan ilmu pengetahuan yang lebih luas dan mendalam sehingga hal tersebut menjadi sebuah dasar pengembangan  intelektual.

Pada saat ini, dunia publik sebagai  sasaran dan target penyediaan informasi tentunya sangat lebih diuntungkan dengan adanya sebuah perkembangan teknologi informasi masa kini terutama di daerah kepulauan yang dahulu sangat sulit dalam mengakses informasi dan komunikasi dengan adanya sistem teknologi tersebut telah membantu mempermudah dalam memperoleh informasi yang bermanfaat dalam perkembangan masa depan kehidupan masyarakat di masa yang akan datang terutama dibidang pendidikan maupun di lembaga pemerintahan.

Namun, apabila hal tersebut tidak dapat diimbang dengan literasi digital yang baik tentunya hal tersebut akan menjadi bomerang yang mengakibatkan goncangan sosial yang besar seperti banyaknya kenakalan remaja yang sangat memprihatinkan serta banyaknya hacker dan penyebaran berita bohong yang sangat meresahkan kehidupan masyarakat.

Maka dengan pernyataan tersebut, dalam membangun sebuah pemahaman tentang literasi digital ini akan sangat membantu masyarakat khususnya pada lembaga pendidikan yang berada di daerah kepulauan untuk menambah pemahaman tentang bagaimana konsep digitalisasi yang baik, bagaimana memanfaatkannya, etika apa yang seharusnya di terapkan di dalam bermedia sosial, bagaimana fungsi dan kegunaan digitaliasasi dan apa tujuan yang akan dicapai saat ingin mengoprasikan sebuah media digital tersebut.

Dengan demikian, penggunaan teknologi tersebut akan banyak membantu untuk mempermudah dalam menjalankan misi dan visi yang ingin dicapai sebelumnya. Adanya teknologi merupakan sebuah tantangan tersendiri dunia pendidikan yang mana sebagian besar lembaga pendidikan  lebih dituntut untuk mampu membuat sebuah manejemen yang baik dalam membuat sebuah perencanaan perumusan kurikulum dan strategi pembelajaran berbasis pengembangan literasi digital untuk menciptakan kepribadian peserta didik yang cakap, mandiri, berpengaetahuan luas dan memiliki kepribadian yang luhur sehingga saat mereka sudah berada dilingkungan masyarakat mereka mampu memberikan kontribusi pusitif dalam membangun kehidupan yang damai, aman dan sejahtera. 

Pada tahun yang lalu Kemendikbud melaksanakan program Gerakan Indonesia Membaca yang bertujuan untuk mendorong peningkatan pemahaman literasi digital di lingkungan masyarakat. Adapun pengertian literasi itu sendiri merupakan suatu bentuk kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami suatu informasi baik melalui tulisan, media visual maupun melalui audio visual yang memiliki kaitan yang sangat luas seperti literasi dalam bidang pendidikan, bidang pemerintahan, kegiatan sosial kemasyarakatan, bidang teknologi, bidang keuangan dan masih banyak lagi yang akan kita bahas di dalam ulasan pembahasan yang lain sesuai bidang masing- masing.

Merriam Wester memberikan pendapat bahwa literasi merupakan suatu kemampuan atau kualitas di dalam diri seseorang yang meliputi sebuah kemampuan membaca dan menulis serta memahami sebuah gagasan atau ide secara visual.

Seorang  Ahli yang bernama Alberta menambahkan bahwa literasi adalah seperangkat keterampilan dalam membaca dan menulis yang nantinya akan menambah sebuah wawasan dan pengetahuan sehingga dapat menambah daya dalam berfikir kritis sehingga nantinya akan dapat menambah sebuah keterampilan dalam memecahkan suatu permasalahan, serta dapat mengembangkan potensi diri dan membantu meningkatkan partisipasi dan kontribusi positif dalam kehidupan masyarakat.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.