News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KOMITMEN GURU SMP PLUS AL QODIRI JEMBER DALAM MENANAMKAN JIWA KEDISIPLINAN SISWA

KOMITMEN GURU SMP PLUS AL QODIRI JEMBER DALAM MENANAMKAN JIWA KEDISIPLINAN SISWA

GURU SMP PLUS AL QODIRI JEMBER DALAM MENANAMKAN JIWA KEDISIPLINAN SISWA. 

Penanaman kedisiplinan di era globalisasi sangatlah penting untuk ditanamkan kepada peserta didik karena mengingat  ditengah perputaran proses globalisasi saat ini sudah berhasil dalam melahirkan dampak negatif bagi para remaja yang cukup memprihatinkan.



Globalisasi telah banyak menimbulkan dampak negatif seperti maraknya kenakalan remaja dikalangan pemuda.

Tentunya hal tersebut merupakan hal yang sangat memprihatikan terhadap perkembangan generasi muda dimasa depan.

Kenakalan remaja tersebut berupa meluasnya kebiasaan para pemuda dalam mengkonsumsi narkoba, minuman keras, bahkan di berbagai media sosial banyak para remaja yang harus terjerumus dalam pelecehan seksual dan free sex.

Demikianlah menjadi suatu cerminan yang sangat jelas bagaimana memprihatinkan ya kemorosan moral para remaja di era globalisasi saat ini.

Dalam mengatasi masalah tersebut perlu adanya perhatian berbagai pihak baik keluarga dan lembaga pendidikan maupun pihak pemerintah dalam membangun generasi muda yang beradab dan bermartabat

Demikian latar belakang mengapa semua pihak SMP Plus Al Qodiri Jember berkomitmen untuk menamakan kedisiplinan siswa melalui sholat berjamaah.

Shalat berjamaah tidak hanya meumbuh kembangkan kecerdasan spiritual siswa namun juga dapat menumbuhkan kecerdasan emosional dan jiwa kesosialan siswa.

Shalat berjamaah merupakan metode yang dirasa paling efektif dalam menanamkan kedisiplinan siswa karena dalam ketentuan shalat berjamaah tersebut siswa diarahkan untuk berada di masjid sebelum adzan dikumandangkan.

Tentunya hal tersebut dapat membiasakan siswa untuk berprilaku disiplin dan datang tepat waktu. 

Adapun dasar kewajiban shalat terdapat dalam firman Allah SWT QS An-Nisa ayat 103 :

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya :

Apabila menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah diwaktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. kemudian apabila kamu telah merasa aman, Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. (QS. An-Nissa: 103).

Dalam kandungan ayat tersebut terdapat bagaimana kita untuk dapat hidup disiplin manjalankan seluruh ajaran agama baik dalam pelaksanaan sholat maupun diluar sholat agar kita senantiasa mengingat Allah SWT tentunya dalam penekanan kedisiplinan tersebut akan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan masa depan siswa Dimasa yang akan datang.

Adapun kedisiplinan itu sendiri menurut sudut pandang keagamaan merupakan suatu bentuk ketaatan dan kepatuhan. Dengan penanaman nilai-nilai kedisiplinan siswa tersebut akan menimbulkan rasa kepatuhan terhadap peraturan yang dibuat oleh sekolah sehingga nantinya akan mempermudah siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang akan dilaksanakan disekolah.

Pada dasarnya kedisiplinan merupakan suatu proses untuk melakukan sebuah bimbingan untuk mengupayakan  pembentukan kepribadian siswa yang beradab dan berakhlakur karimah.

Pembiasan sholat berjamaah merupakan salah satu yang paling efektif dalam mengembangkan karakter siswa karena dalam sholat itu sendiri mengandung berbagai dampak yang positif dalam pembentukan karakter siswa seperti salah satunya dapat terlindungi  dari prilaku keji dan mungkar yang mana hal tersebut nantinya akan dapat merugikan diri siswa tersebut bahkan akan membahayakan lingkungan sekitarnya.

Sebagaimana Allah Berfirman :

ٱتْلُ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ ۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Artinya :

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. ( Q.S Al Qur'an : 45)

Dari penjelasan ayat tersebutlah menjadi sebuah dasar penting dalam membiasakan sholat berjamaah yang memiliki berbagai manfaat dalam membangun kepribadian siswa yang berbudi luhur.

Sehingga dengan bergitulah mereka akan terbebas dari pengaruh perilaku tercela dan mampu membentengi diri mereka dari pengaruh negatif dari pergaulan bebas di lingkungan sosial saat ini.

Hal ini juga dijelaskan oleh pembina OSIS SMP Plus Al Qodiri Jember yang bernama Fathur Rosi yang mengatakan bahwa " Pembiasaan sholat berjamaah diharapkan akan mampu membangun kepribadian yang berkarakter salah satunya yaitu perilaku disiplin yang mana dengan hal tersebut akan mampu dalam mewujudkan visi dan misi sekolah untuk membentuk kepribadian pribadian siswa yang berakhlak mulia dan bermanfaat bagi Nusa dan bangsa.

Dari pernyataan tersebut kita ketahui bahwa SMP Plus Al Qodiri Jember sangat berantusias untuk dapat membentuk kepribadian siswa yang berakhlak yang luhur sehingga akan mampu membentuk siswa yang berakhlak mulia dan memiliki keunggulan secara intelektual sehingga memiliki daya saing yang tinggi.

Manfaat dari perilaku disiplin tersebut diantaranya yaitu 

1. Para siswa akan lebih fokus dalam mengembangkan kepribadian dan potensi dirinya disekolah.

2.  Para siswa akan lebih mampu mengikuti bimbingan guru selama tidak bertentangan dengan ajaran agama.

3. Siswa akan senantiasa mengikuti segalah bentuk aturan dan norma sosial yang berlaku di masyarakat.

4. Sikap disiplin dapat meningkatkan kecerdasan otak dan perilaku positif lainnya 

5. Dapat meningkatkan produktivitas siswa.

9. Mempermudah siswa dalam memiliki berbagai keahlian dan keterampilan.

Dengan manfaat tersebutlah nantinya akan membentuk kepribadian siswa yang santun dalam berperilaku dan memiliki keunggulan dalam mutu.

Komitmen tersebutlah merupakan bentuk semangat para pengelolah SMP Plus Al Qodiri Jember untuk menciptakan salah satu sekolah favorite di wilayah kabupaten Jember.

Berdasarkan pada asas pendidikan yang berlandaskan nilai - nilai Ahlussunah waljamaah dalam dalam mendidik siswa yang berkepribadian yang luhur.

Hal tersebut, bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan zaman dimasa yang akan datang sehingga saat mereka sudah berada dilingkungan masyarakat mudah dalam menghadapi sebuah rintangan dan seluruh permasalahan yang berkembang di kehidupan sosial.

Dengan demikian, mereka akan mampu menciptakan suatu dasar pengetahuan yang inovatif yang akan memberikan manfaat kepada diri mereka sendiri, keluarga, lembaga sekolah maupun terhadap masyarakat yang berada disekitarnya.

Karena dengan memiliki sebuah kepribadian yang berkarakter mereka akan mampu memperluas wawasannya dalam Lika liku kehidupan masyarakat dan menjadi pribadi yang unggul sehingga mereka mampu untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia kerja dimasa yang akan datang.

Dari penjelasan tersebutlah kita dapat mengambil kesimpulan bahwa komitmen guru dalam menanamkan kedisiplinan melakukan shalat berjamaah merupakan suatu usaha untuk mewujudkan kepribadian siswa yang berkarakter dan berakhlakur karimah sehingga mereka memiliki pribadi yang santun dalam berprilaku dan memiliki keunggulan dalam mutu sehingga pada akhirnya mereka dapat menjawab tantangan baik dalam lingkungan masyarakat maupun di dunia kerja dimasa yang akan datang.

Selain itu, hal tersebut merupakan komitmen para pengelolah SMP Plus Al Qodiri Jember untuk membangun sekolah favorit  di Sekitar Kabupaten Jember untuk memberikan manfaat kepada masyarakat disekitar dengan sistem pendidikan yang berkualitas berdasarkan nilai-nilai Ahlussunah waljamaah.

Semoga bermanfaat... !










Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.