News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tips untuk menjadi seorang idaman

Tips untuk menjadi seorang idaman

 



Menjadi idaman adalah harapan semua orang. Karena dengan menjadi idaman mereka akan menjadi seorang yang dapat di idolakan.

Namun, permasalahan saat ini menjadi seorang idaman tidak semudah apa yang kita bayangkan saat ini karena hal tersebut memiliki ke Khasan tersendiri.

Salah satu ciri khas seorang yang menjadi idaman seseorang yaitu mereka yang memiliki kemampuan untuk menguasai bidang pengetahuan dan keterampilan teknologi.

Hal tersebut sangatlah diapresiasi di dalam dunia Islam. Karena orang yang memiliki ilmu pengetahuan memanglah pantas untuk di idolakan sebab merekalah yang memiliki keutamaan yang lebih unggul dari pada orang yang tidak dapat menguasai ilmu pengetahuan.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al Qur'an ;

Allah Ta’ala berfirman,


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya :

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadilah: 11)

Dan sebagaimana Rasulullah SAW beliau bersabda : 

‎وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ 

Artinya:

Dan barang siapa yang menempu jalan mencari ilmu maka Allah SWT akan mempermudah jalannya menuju surga.

Dari sinilah kita dapat mengetahui bagaimana seorang yang berilmu akan mampu menguasai berbagai bidang keahlian baik pengetahuan umum dan keterampilan teknologi maupun pengetahuan tentang keagamaan oleh sebab itu mereka akan menjadi seorang yang  manjadi idaman setiap orang.

Karena dengan pengetahuan mereka akan lebih mudah dalam mencapai apa yang menjadi tujuan mereka sebenarnya serta mereka akan mampu dalam mengatasi berbagai persoalan hidup.

Namun, dengan ilmu pengetahuan pun tidak akan cukup tanpa diimbangi oleh moralitas beberapa ahli mengartikan moral sebagai suatu tatanan sosial yang mengatur tingkah laku seseorang.

Sebagai mana pendapat Chaplin (2006) yang berpendapat bahwa moral mengacu pada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.

Dan Wantah (2005) juga memberikan pengertian moral merupakan sesuatu yang berkaitan atau ada hubungannya dengan kemampuan menentukan benar salah dan baik buruknya tingkah laku.

Selain itu Maria Assumpta  juga berpendapat bahwa moral adalah aturan aturan (rule) mengenai sikap (attitude) dan perilaku manusia (human behavior) sebagai manusia.

Dari pendapat ahli tersebut kita dapat simpulkan bahwa moral merupakan suatu aturan sosial yang mengatur baik buruknya perilaku seseorang.

Moral tersebut sangatlah mendapatkan perhatian khusus karena ilmu pengetahuan tanpa adanya moralitas akan berujung sebuah kehancuran dan permusuhan yang berkepanjangan yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang dan pemangku kepentingan.

Dengan moralitas tersebutlah seseorang akan mudah dalam mencapai kehidupan yang sejahtera dan mampu mewujudkan cita-cita yang menjadi tujuan mereka dengan moralitas seseorang dapat menjalankan sebuah keseimbangan hidup yang lebih baik.

Dengan pernyataan diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk menjadi seorang idaman yaitu dengan cara memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan dengan menyeimbangkannya dengan moralitas.

Dengan demikianlah, seseorang akan menjadi sosok yang sangat diinginkan oleh semua orang bahkan mereka dapat melaksanakan tugas suci sebagaimana yang Allah inginkan yang melatar belakangi tujuan hidupnya yaitu sebagai Khalifah dimuka bumi yang akan mengelola seluruh sumber daya untuk di manfaatkan oleh seluruh umat manusia.

Dengan menjadi seorang idaman seseorang dapat mempermudah dalam meraih kesuksesan baik dalam mendapatkan pekerjaan, penerimaan sosial, bahkan ketika mereka mencari pasangan hidup.



 



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.